Sunday, July 01, 2007

Buku 5

Industri Kerajinan Anyaman di Indonesia


Catatan Penulis
Alhamdulillah, buku kelima saya telah terbit, meski saat buku ini dipublis belum dilaunching. Rencananya, bulan Juli buku ini akan diluncurkan bertepatan dengan pembuakaan pameran kerajinan di plaza Departemen Perindustrian.

Isi dan sumber dari buku ini lebih beragam di banding buku sebelumnya, hal ini disebabkan waktu penulisan buku ini cukup panjang di banding buku sebelumnya yang hanya 3 minggu. Buku ini ditulis selama 3 bulan.

Jangkauan sumber yang ada pun cukup beragam dari berbagai daerah di Indonesia, misalnya dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi, Kalimantan, hingga wilayah Sumatera.

Pada bab pertama, buku ini mengupas tentang sejarah kerajinan anyaman di Indonesia, potensi pasar anyaman dulu dan kini, serta sekilas tentang dasar-dasar menganyam. Pada bagian dua, buku ini menampilkan beberapa sentra kerajinan anyaman di Indonesia. Sedangkan pada bab terakhir, penulis tampilkan beberapa sosok yang aktif dan ikut berperan dalam pengembangan industri kerajinan anyaman di Indonesia.

Dari buku ini akan tergambar, bahwa ternyata sumber daya alam di Indonesia ini memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Tak jarang dari perajin yang kami temui, mereka sudah memiliki pasar domestik dan manca negara, dengan nilai omset milyaran rupiah.

Semoga, buku ini bermanfaat bagi para peminat kerajinan anyaman di Indonesia. Dan menjadi inspirasi baru untuk meningkatkan kualitas anyaman khususnya dan kerajinan lain pada umumnya. Saya dan Cak Dhorifi menghaturkan terima kasih. Wassalamualaikum wr wb

Jakarta, 1 Juli 2007

Fathurroji NK

No comments: